Wednesday, August 28, 2013

Menyampaikan Pendapat Lewat Tulisan

Assalammu'alaikum :)

Hey, apakabar kalian? Mudah2an baik & selalu dlm lindungan Allah ya :) Aamiin

Hmm kali ini aku mau cerita sedikit ttg kebiasaanku menyampaikan pendapat lewat tulisan.
Entah kenapa aku lebih nyaman menyampaikan pendapat lewat tulisan, dibandingkan secara lisan..
Mungkin kebiasaan dari SD juga sih, aku waktu SD kalo disuruh cerita secara lisan, apa yg ada di kepala tuh susah bgt untuk dikeluarin, mulut rasanya kaku utk berbicara. Giliran disuruh buat cerpen atau apapun lewat tulisan, yg perintahnya disuruh buat minimal 1 lembar buku tulis kecil, eh aku malah bisa berkali2 lipat dari itu. Dulu inget waktu SD, kata temenku, "Wah Sar, sekalian bikin buku aja hahaha". Yah, namanya anak kecil nggak terlalu pusing dg komentar seperti itu (itu kalo aku sih, mungkin sebagian anak kecil lain udah nangis kalo digituin).


Nah, semenjak SMP, SMA, hingga sekarang aku duduk di bangku kuliah, aku mulai agak bisa menyampaikan pendapat secara lisan. Tapi tetep aja kadang suka lupa apa yg ingin aku sampaikan, suka ilang gitu aja ide, gagasan, pemikiran yg tadinya bener2 memenuhi kepala. Jadi tetep aja aku suka menyampaikan pendapat lewat tulisan baik itu di media sosial seperti twitter, facebook, blog dsb.. Sisi positif dari menyampaikan pendapat lewat tulisan adalah apa yg ada di kepala kita bener2 langsung tertuang seiring tangan kita menulis, jari2 kita menjentik di keyboard komputer/laptop. Jadi, kita nggak kehilangan substansi, pemikiran, gagasan, ide serta maksud dan tujuan dari tulisan kita. Nah, sisi negatif nya adalah karena pendapat yg kita sampaikan lewat tulisan, utk org2 yg susah memahami kata2, kalimat yg kita sampaikan, isi dari tulisan kita tidak tersampaikan secara sempurna. Terus kalo kita tidak tepat menggunakan tanda baca, pendapat yg kita tulis pun bisa salah arti & menimbulkan banyak konflik loh di dunia maya! Hahaha :D Banyak bgt sekarang orang yg nulis status di FB, comment di status org dg tanda baca yg nggak tepat. Nggak perlu aku kasih contoh, pasti temen2 sering kan menemukannya :D

Rasanya pengeeen banget jadi penulis. Tapi entah itu bakal kesampaian apa nggak. Apalagi aktifitasku sebagai seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran yg padat bgt. Yah, seenggaknya aku mau jadi penulis utk diriku sendiri, keluargaku, sahabat serta teman2ku dulu aja. Walau belum bisa nerbitin buku, seenggaknya bisa menulis hal2 yg bermanfaat, baik itu ttg Agama, Kesehatan, ataupun pemikiran & gagasan2ku.  Hehehe :P Oh ya, menulis juga jangan asal nulis, loh. Menulis lah apa yg HARUS dibaca orang, BUKAN yang HANYA MAU dibaca orang. Karena banyak jaman sekarang org yg suka bikin status facebook, twitter, dsb yg menurutku tulisan tsb benar2 tdk bermanfaat malah banyak mendatangkan maksiat serta mudharat. Seperti ngoceh2 nggak jelas, saling mencaci-maki di dunia maya, dsb. Dan baru-baru ini waktu aku liat instagramnya Bu Ani Yudhoyono @aniyudhoyono, banyak bgt orang iseng yg comment di foto hasil bidikan beliau, comment yg dilontarkan bener2 nggak ada etika, kesopanan dan jelas2 nggak ada hubungannya sama foto tsb. 

Ada yg bawa2 politik lah, ada yg bawa2 SARA (suku, agama dan ras), dan sebagainya, dan sebagainya.... Hey, kalian kira itu akun siapa? Itu akun instagram Ibu Negara kita. Tidakkah kalian bisa sopan & santun dlm berkomentar? Benar2 miris melihatnya :( Untung aja Bu Ani menanggapinya dg sabar dan tdk diambil pusing. Harusnya kita tahu diri, bersyukur & berterimakasih, ternyata kita punya Ibu Negara yg ramah, humble dg mau berbagi aktifitas kepresidenan, aktifitas di istana kepada masyarakat luas dg memposting foto2 hasil bidikan beliau di instagram.Tentu saja beliau sakit hati membaca comment2 pedas tsb. Instagram kan tempatnya org menyalurkan hobby mereka dlm dunia fotografi & saling berbagi hasil karyanya. Tolonglah jangan bawa2 hal yg mengundang "percekcok-an" di sana. Nikmati saja hasil karya org2 yg dianugerahi ALLAH kepandaian dalam membidik objek2 di alam ini, sebagai wujud cinta & syukur kita kepada ALLAH Sang Maha Pencipta alam semesta ini, yg telah menciptakan begitu indahnya alam ini, sehingga ada org2 yg tergerak hatinya utk mengabadikannya dalam sebuah foto.

Sekian, semoga bermanfaat :)

Wassalammu'alaikum :)

No comments:

 

Warna-Warni Kehidupan Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ways To Make Money Online | Surviving Infidelity by Blogger Templates